Air keran atau Air kemasan yang Aman Untuk Pembuatan Susu Formula Anak?

  • Whatsapp

Air keran atau Air kemasan yang Aman Untuk Pembuatan Susu Formula Anak? – Susu formula merupakan pengganti ASI maupun asupan tambahan untuk anak. Umumnya anak menggunakan botol dengan dot atau dapat juga memakai gelas untuk itu perlu kita pastikan kebersihan dari botol dot ataupun gelas yang akan digunakan.

Dalam menyajikan susu formula untuk anak ada beberapa poin yang harus diperhatikan yaitu:

  1. Pilihlah susu formula yang sesuai dengan usia anak. Pastikan juga kaleng atau kotak susu formula tersebut terjaga kebersihannya agar tidak terkontaminasi bakteri yang berbahaya
  2. Cek tanggal kadaluwarsa susu formula
  3. Pastikan kemasan tidak rusak
  4. Selain kebersihan pada botol maupun gelas, Anda tidak boleh melupakan untuk cuci tangan hingga bersih sebelum membuat susu formula
  5. Saat menyeduh susu formula, jangan biarkan air yang digunakan sampai dingin di bawah 70 derajat celcius. Hal ini untuk memastikan agar bakteri tidak bisa hidup di dalamnya

Hal yang harus Anda perhatikan juga adalah pemilihan air yang digunakan untuk membuat susu formula. Ini masih sering menjadi sebuah perdebatan.

American Dental Association (ADA) sebelumnya telah mengeluarkan kekhawatiran tentang penggunaan air yang mengandung banyak fluoride. Fluoride sering dianggap sebagai hal yang baik. Namun, kadar fluoride yang tinggi dapat menyebabkan terganggunya email gigi atau fluorosis .

Karena sebagian besar susu formula bayi juga mengandung fluoride, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan orang tua tidak menggunakan air yang telah menambahkan fluoride .

Lalu, Air keran atau air kemasan kah yang aman untuk membuat susu formula? Berikut jawabannya.

Air keran

Air yang biasanya bersumber dari air sumur ini sebelum diminum kebanyakan orang akan merebusnya terlebih dahulu akan tetapi menggunakan air keran yang direbus ternyata tidaklah cukup aman karena air sumur dapat mengandung mineral seperti besi atau nitrat yang tidak dapat direbus justru dengan mendidihkan air malah akan menyebabkan konsentrasi mineral menjadi lebih tinggi.

READ  Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan iPhone SE 2020 Sebelum Beli!

Air kemasan

Banyak yang beranggapan bahwa air yang bersumber dari kemasan adalah salah satu air yang aman dan sedikit bakteri untuk susu formula anak.

Dilansir dari Verywell Family, air kemasan botol adalah salah satu pilihan yang sering digunakan. Namun, Anda tetap harus memilih air kemasan rendah fluoride yang diberi label sebagai dimurnikan, dideionisasi, didemineralisasi, didistilasi, atau disiapkan dengan osmosis terbalik.

Apakah air kemasan perlu direbus juga?Menurut dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, perebusan yang dilakukan pada air kemasan diperlukan ketika air kemasan sudah dibuka dan tidak dihabiskan dalam kurun waktu 24 jam.

Terlepas dari itu semua menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa semua air (baik dari keran, botol, dan dimurnikan) harus direbus sebelum digunakan.

Kemudian, pertanyaan yang tidak kalah pentingnya untuk dijawab adalah. Dimanakah kita bisa mendapatkan air kemasan yang terjamin sumber, kandungan dan kualitasnya? Jawabannya adalah Anda bisa mendapatkannya di AQUA.

Untuk mendapatkan semua kebaikan yang terkandung pada air berkualitas pilihlah AQUA. Karena Hanya AQUA yang lebih dari 45 tahun murni langsung dari sumbernya. Kesegarannya tetap terjaga di setiap tetes kemurniannya melewati lebih dari 400 cek kualitas.

Sumber mata air pegunungan AQUA merupakan pegunungan vulkanis yang menyaring air secara alami oleh lapisan batuan vulkanis dengan kemurnian yang baik bagi konsumen. AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber airnya itu sendiri. Hal ini ditujukan untuk melindungi kealamian mineral pegunungan, serta menjaga keberlangsungan sumber air.

Terutama untuk konsumsi air minum berkualitas di rumah, pastikan untuk menyediakan galon AQUA. Ada banyak alasan untuk memilih AQUA. Galon AQUA ramah lingkungan karena bisa dipakai berulang kali, tentunya setelah dibersihkan menyeluruh di pabrik dengan teknologi yang mutakhir setelah pemakaian sebelumnya.

READ  Cara Mudah Membuka Lem Sambungan Pipa Menggunakan Alat Sederhana!

Jangan ragu lagi, selalu pilih AQUA sebagai sumber cairan keluarga Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *